BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Rincian Pekan
Efektif
Pekan efektif adalah
hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung, untuk
membantu kemajuan belajar peserta didik. Di samping modul perlu dikembangkan
program mingguan dan harian. Program ini merupakan program penjabaran semester
dan program modul. Melalui program ini dapat diketahui tujuan-tujuan yang telah
dicapai dan yang perlu diulang, bagi setiap peserta didik, sehingga dapat
diketahui peserta didik yang mendapat kesulitan dalam setiap modul yang
dikerjakan dan peserta didik yang memiliki kecepatan belajar diatas rata-rata
kelas. Bagi peserta didik yang cepat bisa diberikan pengayaan, sedang bagi yang
lambat dilakukan pengulangan modul untuk mencapai tujuan yang belum dicapai dengan
menggunakan waktu cadangan.[1]
RPE merupakan hitungan
hari mengajar, baik itu hari efektif maupun hari libur. Semua dihitung dalam
RPE sebagai perencanaan pembelajaran. Pentingnya RPE sama seperti pentingnya
jadwal pelajaran. Tanpa adanya RPE maka pembelajaran tidak mungkin bisa
terlaksana dan terselesaikan dengan baik. Seseorang bisa mengetahui kapan hari
libur dan kapan hari kerja dengan melihat kalender atau penanggalan.[2]
B. Langkah-Langkah Penyusunan
Rincian Pekan Efektif
Format Rincian Pekan
Efektif (RPE) secara garis besar terdiri dari tiga bagian yaitu: Identitas
Pelajaran, Perhitungan Alokasi Waktu (PAW) dan Distribusi Alokasi Waktu (DAW).[3]
a.
Identitas Pelajaran
Identitas Pelajaran antara lain: Satuan
Pendidikan, Mata Pelajaran, Kelas/Program, Semester dan Tahun Pelajaran.
b.
Perhitungan Alokasi Waktu
Perhitungan alokasi waktu ini disusun
dengan memperhatikan:
1)
Jumlah bulan dalam tiap semester
Jumlah
bulan dalam tiap semester selalu tetap yaitu enam bulan persemester dengan rincian
semester Ganjil dari bulan Juli sampai dengan Desember dan semester Genap dari
bulan Januari sampai dengan bulan Juni.
2)
Jumlah pekan dalam setiap bulan
Jumlah
pekan dalam setiap bulan disesuaikan dengan kalender resmi pemerintah misalnya
bulan Januari tahun 2007 terdiri dari lima pekan, bulan Februari tahun 2007
terdiri dari empat pekan.
3)
Jumlah pekan dalam tiap semester
Jumlah
pekan dalam tiap semester ditentukan dengan rumus:
Jumlah
pekan persemester = Total dari jumlah pekan dalam tiap bulan dalam satu
semester.
4)
Jumlah pekan tidak efektif dalam tiap semester
Jumlah
pekan tidak efektif dalam tiap semester dihitung dengan memperhatikan antara
lain: Libur awal semester selama 1-2 pekan, libur hari besar nasional
persemester kira-kira: satu pekan, libur ujian semester, UN, US, libur awal
puasa, libur awal dan sesudah lebaran dan seterusnya.
5)
Jumlah pekan efektif dalam tiap semester
Jumlah
pekan efektif dalam tiap semester dihitung berdasarkan rumus:
Jumlah
pekan efektif = Jumlah pekan persemester – jumlah pekan tidak efektif.
6)
Jam pelajaran tiap pekan (Jam Pelajaran Perminggu)
Jam
pelajaran tiap pekan sudah diatur sesuai petunjuk kurikulum, misalnya JP Mata
Pelajaran Matematika perminggu untuk kelas X MA = 4 JP, JP Mata Pelajaran PKN
untuk kelas X MA = 2 JP, dan seterusnya.
7)
Jumlah jam pelajaran efektif (JP efektif)
Jumlah
jam pelajaran efektif (JP Efektif) dihitung berdasarkan rumus:
JP
Efektif = Jumlah Minggu Efektif x Jumlah Jam Pelajaran Per Minggu.[4]
c.
Distribusi Alokasi Waktu (DAW)
Distribusi alokasi waktu
berisi rencana pembagian waktu (Jam Pelajaran) untuk mengajarkan tiap
kompetensi dasar yang telah disusun dalam Rencana Pelaksanaan Pelajaran (RPP). Misalnya: KD No. 1, menerapkan hukum bacaan
Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar. Alokasi waktu
berdasarkan RPP yang telah dibuat diperkirakan memakan waktu empat JP (dua kali
pertemuan).[5]
Contoh: Format analisis
Pekan Efektif (APE).
Analisis Pekan Efektif
Mata Pelajaran :
Kelas/Program :
Semester :
Tahun Pelajaran :
A.
ALOKASI WAKTU
I.
Jumlah Pekan dalam Semester I
No.
|
Nama
Bulan
|
Jumlah
Pekan
|
1
|
Juli
|
4
|
2
|
Agustus
|
5
|
3
|
September
|
...
|
4
|
Oktober
|
...
|
5
|
November
|
...
|
6
|
Desember
|
...
|
|
Jumlah Pekan
|
=........
|
II.
Jumlah Pekan Tidak Efektif
No.
|
Nama
Kegiatan
|
Jumlah
Pekan
|
1
|
Libur Akhir Semester
|
2
|
2
|
...
|
...
|
3
|
...
|
...
|
4
|
...
|
...
|
5
|
...
|
...
|
6
|
...
|
...
|
|
Jumlah Pekan
|
=.....
|
III.
Jumlah Pekan Efektif = Jumlah pekan dalam semester - jumlah pekan
tidak efektif
= .....pekan
- .....pekan
=
.....pekan.
IV.
Jumlah Jam Efektif =
Jumlah pekan efektif x JP Perpekan
=
.....x.....Jam
= .....Jam.
B.
Distribusi Alokasi Waktu
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
|
.....
JP
|
2
|
|
.....JP
|
3
|
Jumlah
Jam Pelajaran
|
=
.....
|
4
|
|
|
5
|
|
|
|
Jumlah
Jam Pelajaran
|
=
.....
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah

Nip.
Palembang,
Guru
Mata Pelajaran,
![]() |
Nip.
C. Manfaat Mengetahui Rincian
Pekan Efektif (RPE)
Seperti yang sudah
diketahui RPE menjadi penting karena merupakan penentu awal pembuatan Program
Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), pembagian SK-KD dan pembuatan RPP.[6] Jadi
manfaat mempelajari Rencana Pekan Efektif adalah diantaranya:
a)
Memudahkan guru untuk menyusun Prota dan Promes.
b)
Dapat menentukan hari-hari yang tidak efektif dalam satu pekan.
c)
Memudahkan guru menyusun SK dan KD serta pembuatan RPP dalam satu
pekan.
d)
Sebagai acuan untuk menyampaikan materi pembelajaran di dalam
kelas.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam mempelajari Rincian Pekan Efektif
(RPE) dapat diambil simpulan, bahwa rincian pekan efektif adalah hitungan
hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Analisis Pekan
Efektif (APE) berisi rencana pekan efektif untuk melaksanakan kegiatan belajar
mengajar (KBM) dalam tiap semester dalam satu tahun. Format APE secara garis
besar terdiri dari tiga bagian yaitu: Identitas Pelajaran, Perhitungan Alokasi
Waktu (PAW) dan Distribusi Alokasi Waktu (DAW).
Adapun cara menentukan pekan efektif:
a)
Menentukan jumlah minggu selama satu tahun.
b)
Menghitung jumlah minggu tidak efektif selama satu tahun.
c)
Menghitung jumlah minggu efektif degan cara jumlah minggu dalam
satu tahun dikurang jumlah minggu tidak efektif.
d)
Menghitung jumlah jam efektif selama satu tahun dengan cara jumlah
minggu efektif dikali jumlah jam pelajaran perminggu.
Rincian efektif berfungsi untuk memudahkan menentukan hari-hari
yang tidak efektif dalam satu pekan, kemudian membantu guru untuk menyusun
SK-SD dan pembuatan RPP dalam satu pekan.
DAFTAR
PUSTAKA
(t.thn.). Dipetik 10 27, 2017, dari
http://www.hamba-allah.com/2014/04/rincian-pekan-efektif-rpe.html?m=1
(t.thn.). Dipetik 10 26, 2017, dari
http://dokumen.tips/document/pekan-efektif.html
Drs. H. Mgs.
Nazarudin, M. (2007). Manajemen Pembelajaran (Implementasi Konsep,
Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum). Dalam M.
H. Muhammad Walidin (Penyunt.). Yogyakarta: TERAS.
E, M. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
[1] E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, hal. 99.
[3] Drs. H. Mgs. Nazarudin, MM, Manajemen Pembelajaran (Implementasi
Konsep, Karakteristik dan Metodologi
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, hal.113.
[4] Drs. H. Mgs. Nazarudin, MM...Ibid, hal.114-115.
[5] Drs. H. Mgs. Nazarudin, MM...Ibid, hal.116
[6] https://dokumen.tips/document/pekan-efektif.html,
(26-10-2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar