Selasa, 30 Januari 2018

Pengertian Rincian Pekan Efektif

BAB II

PEMBAHASAN



A.  Pengertian Rincian Pekan Efektif


     Pekan efektif adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung, untuk membantu kemajuan belajar peserta didik. Di samping modul perlu dikembangkan program mingguan dan harian. Program ini merupakan program penjabaran semester dan program modul. Melalui program ini dapat diketahui tujuan-tujuan yang telah dicapai dan yang perlu diulang, bagi setiap peserta didik, sehingga dapat diketahui peserta didik yang mendapat kesulitan dalam setiap modul yang dikerjakan dan peserta didik yang memiliki kecepatan belajar diatas rata-rata kelas. Bagi peserta didik yang cepat bisa diberikan pengayaan, sedang bagi yang lambat dilakukan pengulangan modul untuk mencapai tujuan yang belum dicapai dengan menggunakan waktu cadangan.[1]
     RPE merupakan hitungan hari mengajar, baik itu hari efektif maupun hari libur. Semua dihitung dalam RPE sebagai perencanaan pembelajaran. Pentingnya RPE sama seperti pentingnya jadwal pelajaran. Tanpa adanya RPE maka pembelajaran tidak mungkin bisa terlaksana dan terselesaikan dengan baik. Seseorang bisa mengetahui kapan hari libur dan kapan hari kerja dengan melihat kalender atau penanggalan.[2]

B.  Langkah-Langkah Penyusunan Rincian Pekan Efektif


     Format Rincian Pekan Efektif (RPE) secara garis besar terdiri dari tiga bagian yaitu: Identitas Pelajaran, Perhitungan Alokasi Waktu (PAW) dan Distribusi Alokasi Waktu (DAW).[3]
a.    Identitas Pelajaran
     Identitas Pelajaran antara lain: Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran, Kelas/Program, Semester dan Tahun Pelajaran.
b.    Perhitungan Alokasi Waktu
     Perhitungan alokasi waktu ini disusun dengan memperhatikan:
1)   Jumlah bulan dalam tiap semester
Jumlah bulan dalam tiap semester selalu tetap yaitu enam bulan persemester dengan rincian semester Ganjil dari bulan Juli sampai dengan Desember dan semester Genap dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni.
2)   Jumlah pekan dalam setiap bulan
Jumlah pekan dalam setiap bulan disesuaikan dengan kalender resmi pemerintah misalnya bulan Januari tahun 2007 terdiri dari lima pekan, bulan Februari tahun 2007 terdiri dari empat pekan.
3)   Jumlah pekan dalam tiap semester
Jumlah pekan dalam tiap semester ditentukan dengan rumus:
Jumlah pekan persemester = Total dari jumlah pekan dalam tiap bulan dalam satu semester.
4)   Jumlah pekan tidak efektif dalam tiap semester
Jumlah pekan tidak efektif dalam tiap semester dihitung dengan memperhatikan antara lain: Libur awal semester selama 1-2 pekan, libur hari besar nasional persemester kira-kira: satu pekan, libur ujian semester, UN, US, libur awal puasa, libur awal dan sesudah lebaran dan seterusnya.
5)   Jumlah pekan efektif dalam tiap semester
Jumlah pekan efektif dalam tiap semester dihitung berdasarkan rumus:
Jumlah pekan efektif = Jumlah pekan persemester – jumlah pekan tidak efektif.
6)   Jam pelajaran tiap pekan (Jam Pelajaran Perminggu)
Jam pelajaran tiap pekan sudah diatur sesuai petunjuk kurikulum, misalnya JP Mata Pelajaran Matematika perminggu untuk kelas X MA = 4 JP, JP Mata Pelajaran PKN untuk kelas X MA = 2 JP, dan seterusnya.
7)   Jumlah jam pelajaran efektif (JP efektif)
Jumlah jam pelajaran efektif (JP Efektif) dihitung berdasarkan rumus:
JP Efektif = Jumlah Minggu Efektif x Jumlah Jam Pelajaran Per Minggu.[4]



c.    Distribusi Alokasi Waktu (DAW)
     Distribusi alokasi waktu berisi rencana pembagian waktu (Jam Pelajaran) untuk mengajarkan tiap kompetensi dasar yang telah disusun dalam Rencana Pelaksanaan Pelajaran (RPP).  Misalnya: KD No. 1, menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar. Alokasi waktu berdasarkan RPP yang telah dibuat diperkirakan memakan waktu empat JP (dua kali pertemuan).[5]
     Contoh: Format analisis Pekan Efektif (APE).
Analisis Pekan Efektif
Mata Pelajaran   :
Kelas/Program   :
Semester            :
Tahun Pelajaran :
A.  ALOKASI WAKTU
I.     Jumlah Pekan dalam Semester I
No.
Nama Bulan
Jumlah Pekan
1
Juli
4
2
Agustus
5
3
September
...
4
Oktober
...
5
November
...
6
Desember
...

Jumlah Pekan
=........




II.  Jumlah Pekan Tidak Efektif
No.
Nama Kegiatan
Jumlah Pekan
1
Libur Akhir Semester
2
2
...
...
3
...
...
4
...
...
5
...
...
6
...
...

Jumlah Pekan
=.....

III.   Jumlah Pekan Efektif = Jumlah pekan dalam semester - jumlah pekan tidak efektif
                                   = .....pekan - .....pekan
                                   = .....pekan.
IV.   Jumlah Jam Efektif    = Jumlah pekan efektif x JP Perpekan
                                   = .....x.....Jam
                                   = .....Jam.
B.  Distribusi Alokasi Waktu
No.
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1

..... JP
2

.....JP
3
Jumlah Jam Pelajaran
= .....
4


5



Jumlah Jam Pelajaran
= .....



Mengetahui,
Kepala Madrasah

 

Nip.
Palembang,
Guru Mata Pelajaran,

 

Nip.



C.  Manfaat Mengetahui Rincian Pekan Efektif (RPE)


     Seperti yang sudah diketahui RPE menjadi penting karena merupakan penentu awal pembuatan Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), pembagian SK-KD dan pembuatan RPP.[6] Jadi manfaat mempelajari Rencana Pekan Efektif adalah diantaranya:
a)    Memudahkan guru untuk menyusun Prota dan Promes.
b)   Dapat menentukan hari-hari yang tidak efektif dalam satu pekan.
c)    Memudahkan guru menyusun SK dan KD serta pembuatan RPP dalam satu pekan.
d)   Sebagai acuan untuk menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas.















BAB III

PENUTUP



A.  Kesimpulan


     Dalam mempelajari Rincian Pekan Efektif (RPE) dapat diambil simpulan, bahwa rincian pekan efektif adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Analisis Pekan Efektif (APE) berisi rencana pekan efektif untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam tiap semester dalam satu tahun. Format APE secara garis besar terdiri dari tiga bagian yaitu: Identitas Pelajaran, Perhitungan Alokasi Waktu (PAW) dan Distribusi Alokasi Waktu (DAW).
     Adapun cara menentukan pekan efektif:
a)    Menentukan jumlah minggu selama satu tahun.
b)   Menghitung jumlah minggu tidak efektif selama satu tahun.
c)    Menghitung jumlah minggu efektif degan cara jumlah minggu dalam satu tahun dikurang jumlah minggu tidak efektif.
d)   Menghitung jumlah jam efektif selama satu tahun dengan cara jumlah minggu efektif dikali jumlah jam pelajaran perminggu.
Rincian efektif berfungsi untuk memudahkan menentukan hari-hari yang tidak efektif dalam satu pekan, kemudian membantu guru untuk menyusun SK-SD dan pembuatan RPP dalam satu pekan.










DAFTAR PUSTAKA



(t.thn.). Dipetik 10 27, 2017, dari http://www.hamba-allah.com/2014/04/rincian-pekan-efektif-rpe.html?m=1
(t.thn.). Dipetik 10 26, 2017, dari http://dokumen.tips/document/pekan-efektif.html
Drs. H. Mgs. Nazarudin, M. (2007). Manajemen Pembelajaran (Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum). Dalam M. H. Muhammad Walidin (Penyunt.). Yogyakarta: TERAS.
E, M. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




[1] E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, hal. 99.
[3] Drs. H. Mgs. Nazarudin, MM, Manajemen Pembelajaran (Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi   Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, hal.113.
[4] Drs. H. Mgs. Nazarudin, MM...Ibid, hal.114-115.
[5] Drs. H. Mgs. Nazarudin, MM...Ibid, hal.116

Tidak ada komentar:

Posting Komentar